Pencanangan Kawasan Desa Berinovasi di Desa Sei Rakyat Kabupaten Labuhanbatu

Pada hari Senin, 21 November 2022 bertempat di Desa Sei Rakyat telah dilaksanakan Pencanangan Kawasan Desa Berinovasi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dan kearifan lokal pada 6 (enam) Desa di Kecamatan Panai Tengah yaitu Desa Sei Rakyat, Sei Nahodaris, Sei Siarti, Selat Beting, Sei Pelancang dan Bagan Bilah. Dalam kesempatan ini Bupati Labuhanbatu mencanangkan Kawasan Desa Berinovasi yang nantinya diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan di wilayah Labuhanbatu. Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Labuhanbatu, Ketua DPRD Labuhanbatu, Kapolres Labuhanbatu, Dandim 0209 Labuhanbatu, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara, Ketua LPPM Universitas Sumatera Utara (USU), dan Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara. Dalam kegiatan Desa Berinovasi Balitbang Labuhanbatu berkolaborasi dengan Bappeda, Dinas PMD, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Pangan, Dinas PUPR, Dinas Koperasi dan UMKM, Disporabudpar, Kecamatan Panai Tengah dan ke 6 (enam) desa yang menjadi kawasan desa berinovasi. Desa berinovasi akan menjadi wahana inovasi yang dikembangkan secara profesional dan didukung oleh kolaborasi antar pemangku kepentingan baik pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi/lembaga penelitian dan pengembangan, komunitas, masyarakat dan media. Dengan Desa Berinovasi diharapkan dapat meningkatkan produktifitas, perekonomian, kualitas dan nilai tambah potensi unggulan desa yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan daya saing daerah Kabupaten Labuhanbatu

Kabupaten Labuhanbatu Juara Satu di NSI-BPC 2021

Labuhanbatu - Bank Indonesia Perwakilan Propinsi Sumatera Utara Menyelenggarakan kegiatan North Sumatera Investment (NSI-BPC) sejak tanggal 4 Mei 2021 dengan peserta kegiatan seluruh Kabupaten/Kota Sesumatera Utara yang bertujuan untuk mengidentifikasi potensi investasi di daerah melalui skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha).

Kabupaten Labuhanbatu sebagai salah satu peserta yang mengikuti penulisan Studi Pendahuluan Profil Investasi Daerah dengan Judul "Pembangunan Jalan dan Jembatan Kawasan Pariwisata Panai Natural and Historical Park". Setelah melewati tahap presentasi peserta pada tanggal 13 Agustus 2021 lalu secara virtual dan penjurian dari tanggal 13-16 Agustus 2021, diperoleh hasil akumulasi penilaian Kabupaten/Kota, Maka pada hari Kamis 26 Agustus 2021 Kabupaten Labuhanbatu ditetapkan sebagai peringkat pertama (1) dalam kegiatan dimaksud.

Adapun yang menjadi terbaik ke 2 adalah Kota Medan dalam rancangan pemanfaatan teknologi refuse derived Fuel dalam pengelolaan sampah dikota medan, Kota Binjai peringkat ketiga dalam pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) Kota Binjai, Kota Pematangsiantar diurutan ke 4 dalam pembangunan tempat pengelolaan sampah terpadu dan tempat pemrosesan akhir sampah Tanjung Pinggir Kota Pematangsiantar, dan Kabulaten Karo diposisi ke Lima dengan Rancangan Pembangunan RSUD Kaban Jahe Kabupaten Karo.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Labuhanbatu Hobol Zulkifli Rangkuti,S.Sos, MM, mewakili Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang,S.Pi,M.Si, mengucapkan terimakasih atas penilaian dari Tim Penilai, yakni Bank Indonesia, Bappenas, PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia, Akademis(USU), dan Seluruh Tim Penyusunan Proposal yang terdiri dari kolaborasi beberapa OPD Pemkab Labuhanbatu : Bappeda, Balitbang, PUPR, DPMPTSP, Disporabudpar serta BPKAD dalam arahan dan bimbingan Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Ir. Muhammad Yusuf Siagian, M.MA, sehingga pada tahap akhir pengumuman Kabupaten Labuhanbatu memperoleh apresiasi peringkat terbaik I Se-Sumatera Utara.

Menurut nya, ini merupakan keberhasilan Kabupaten Labuhanbatu tahap awal, dan tahap selanjutnya kita akan berproses hingga terwujudnya Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di Kabupaten Labuhanbatu yang mana hal ini nantinya akan difasilistasi oleh Bappenas dan PT. PII masuk kedalam short list investasi Bappenas kedepannya serta BI akan mengikutsertakan dalam ajang promosi investasi flagsip Sumut 2021. Lebih lanjut diharapkan kepada seluruh OPD terkait dapat bekerjasama, dan seluruh masyarakat khususnya masyarakat Pesisir dapat berpartisipasi untuk kelancaran program investasi ini, semoga apa diharapkan Bupati terpilih mari kita Bolo Labuhanbatu dapat terwujud, ujar Hobol.

Bimtek Online Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah)

Pelaksanaan Bimtek Online Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) berlangsung selama 2 hari pada hari senin s.d selasa tanggal 22 s.d 23 Februari 2021 bertempat di ruang rapat Balitbang Kabupaten Labuhanbatu.

Bimtek ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Litbang Kemendagri Dr. Drs. A. Fatoni, M. Si. Fatoni menjelaskan sejumlah keunggulan yang dimiliki Puja indah. Puja Indah merupakan aplikasi berbagi pakai, sehingga daerah tidak perlu menyiapkan anggaran untuk memanfaatkannya. Daerah juga dapat memilih jenis layanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Saat ini, Puja Indah telah memiliki 14 layanan, dengan pembagian 13 layanan yang berbasis pada urusan pemerintahan dan 1 layanan tematik.



OPD yang mengikuti bimtek : Sekretariat DPRD, RSUD Rantauprapat, Inspektorat, Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Dinas PUPR, Dinas Pemuda dan Olahraga, Budaya dan Pariwisata, Dinas Kominfo, Kabag Administrasi Pemerintahan Setdakab, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Satpol PP dan Dinas Peternakan.

 

Rapat Tim Koordinasi Penyusunan Ranwal Roadmap Penguatan SIDa Kabupaten Labuhanbatu 2021-2026

Rantauprapat - Selasa, 09 Maret 2021 bertempat di Ruang Data dan Karya Bupati Labuhanbatu telah dilaksanakan Rapat Tim Koordinasi Penyusunan Ranwal Roadmap Penguatan SIDa Kabupaten Labuhanbatu 2021-2026.
Peserta pada acara terdiri dari 30 orang terdiri dari OPD, Akademisi, Pelaku Usaha, dan Tim Sekretariat. Adapun yang menjadi tema pada Roadmap SIDa yaitu “Peningkatan Daya Saing Daerah Berbasis Kawasan Andalan Terintegrasi”.

Acara dibuka dan dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Zaid Harahap. Penyampaian materi/bahan paparan oleh Plt. Kepala Balitbang Kabupaten Labuhanbatu Zuhri, SE, M.Si dan sebagai narasumber adalah Kepala Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, MM.

Untuk mewujudkan terlaksananya penyusunan Roadmap SIDa perlu kerjasama Pemerintah, Akademisi dan HIPMI serta mengintegrasikan RKPD dan Roadmap SIDa.

Koordinasi Kelitbangan sebagai Upaya Penguatan Peran Litbang Dalam Pembangunan Daerah Kabupaten Labuhanbatu

Rapat Koordinasi Kelitbangan dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2021 yang dihadiri oleh Bupati Labuhanbatu, Staff Ahli, Kepala Bapedda, Kepala OPD, Para Camat dan Kabag serta Undangan lainnya di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu. Rapat koordinasi ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan sinergitas perencanaan dan pelaksanaan kelitbangan yang dilakukan oleh perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.
Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T. dalam sambutannya menyampaikan bahwa perolehan Kabupaten Labuhanbatu pada posisi 30 di Indonesia dan pertama di Sumatera Utara sebagai Kabupaten sangat inovatif pada IGA Award tahun 2020 adalah sesuatu yang sangat membanggakan dan perlu untuk ditingkatakan.

Subcategories