Kegiatan

Balitbang Labuhanbatu Gelar Inovasi Kolaborasi Percepatan Pembangunan Daerah


Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe saat menyerahkan plakat lambang Pemkab Labuhanbatukepada Kepala LAN-RI Adi Suryanto pada acara Inovasi Kolaborasi Percepatan Pembangunan Daerah, Laboratorium Inovasi dan Focus Group Discussion Triple Helix (Akademisi-Usahawan-Pemkab Labuhanbatu) di Le Polonia Hotel Medan.

MEDAN, ML : Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam hal ini Badan Penelitian dan Pengembangan menggelar kegiatan Inovasi Kolaborasi Percepatan Pembangunan Daerah, Laboratorium Inovasi dan Focus Group Discussion Triple Helix (Akademisi-Usahawan-Pemkab Labuhanbatu), Senin (25/3/2019) di Le Polonia Hotel & Convention Medan yang dihadiri Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe, Kepala LAN-RI Adi Suryanto, Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi LAN-RI Tri Widodo dan Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM.

            Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe dalam keterangan persnya mengucapkan terima kasih kepada Ketua LAN-RI yang telah meluangkan waktunya sama kita, Alhamdulillah tadi kita sudah melakukan kegiatan, yang tidak lain kegiatan ini adalah untuk mengembangkan daerah Kabupaten Labuhanbatu nanti kedepan.

            Menurutnya, apa yang disampaikan dari LAN-RI tadi bahwasanya inovasi ini jangan berenti sampai disini, kita sudah mempunyai suatu kebijakan bahwa satu OPD atau Kepala Dinas itu mesti dan wajib mempunyai satu inovasi-inovasi yang bisa menyentuh kepada masyarakat, hari ini kita mengumpulkan pimpinan-pimpinan perusahaan yang akan menunjang pembangunan-pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu, kiranya ini bisa pertemuan ini bisa menghasilkan sesuatu yang nantinya bisa mempunyai inovasi-inovasi yang terbaik di Kabupaten Labuhanbatu.

            Seyogianya apa yang kami lakukan ini adalah untuk masyarakat, kita nanti memberikan sesuatu hal yang belum ada di Kabupaten Labuhanbatu dan bisa langsung menyentuh kepada masyarakat dan kami berharap tiga bulan kedepan sudah terlihat apa inovasi-inovasi yang akan kita lakukan di Kabupaten Labuhanbatu yang bisa menunjang pembangunan dan melihat apa yang dibutuhkan masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu, jelas Andi Suhaimi.

            Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) Adi Suryanto pada kesempatan itu menjelaskan, bahwa semua pihak itu bisa memikirkan dan bersinergi untuk membangun suatu daerah, apa yang dilakukan Pemkab Labuhanbatu ini merupakan pendekatan yang sangat luar biasa bagi saya karena melihat keinginan yang cukup luar biasa dan kuncinya adalah komitmen dan kerjasama.

            Inovasi Daerah ini memang sudah menjadi keharusan, kalau dulu kan merupakan pilihan, klau hari ini inovasi daerah merupakan keharusan, mau tidak mau kita harus mempunyai inovasi, kalau tidak punya inovasi maka kita akan tertinggal dari daerah lain dan masyarakat semakin berkecil hati, sekarang ini masyarakat semakin pintar dan tuntutannya banyak dan semakin ramah dengan IT, maka semua jadi pertimbangan didalam kita melakukan inovasi.

            Menurut saya acara ini merupakan acara yang luar biasa dan sangat penting bagi Kabupaten Labuhanbatu untuk mencari inovasi-inovasi baru dengan menggaet para stake holder yang lain, ini merupakan terobosan dan cita-cita dari pak Bupati Labuhanbatu yang mesti kita dukung dan kita wujudkan, kata Kepala LAN-RI Adi Suryanto.

            Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Labuhanbatu Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, MM menambahkan, Kabupaten Labuhanbatu adalah salah satu dari 50 Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang merupakan percontohan/pilot project Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) Kemendagri dan telah dilatih 4 orang ASN menjadi Pamong Inovasi dan Direplikasi 7 Aplikasi Layanan Publik berupa Layanan Aspirasi DPRD, Layanan Aminduk, Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan, Layanan Perizinan, Layanan Komoditas dan Layanan Ketenaga Kerjaan.

            Hobol mengungkapkan, Inovasi yang sudah terdata melalui aplikasi indeks inovasi daerah Innovation Government Award (IGA) Tahun 2018 Kabupaten Labuhanbatu adalah sebanyak 26 inovasi.

            Menurut Kepala Balitbang ini bahwa dalam pelaksanaan inovasi kolaborasi percepatan pembangunan daerah, melalui skema anggaran, riset dan kebijakan pemerintah daerah, maka telah diterbitkan Peraturan Bupati No.34 Tahun 2018 tentang Roadmap Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dan sedang disusun rancangan peraturan daerah tentang inovasi daerah yang merupakan mata rantai yang tidak terputus dalam pembangunan Kabupaten Labuhanbatu.

            Kegiatan Inovasi Kolaborasi Percepatan Pembangunan Daerah, Laboratorium Inovasi dan Focus Group Discussion Triple Helix yang berlangsung satu hari penuh tersebut turut dihadiri para Akademisi, Usahawan, Pimpinan Per-Bankan dan Kepala OPD se-Kabupaten Labuhanbatu.

sumber: https://www.labuhanbatukab.go.id/index.php/berita/550-balitbang-labuhanbatu-gelar-inovasi-kolaborasi-percepatan-pembangunan-daerah