Kegiatan Tak Berkategori

Pusat jejaring inovasi daerah ini bertujuan untuk menerapkan sistem informasi yang terintegrasi antar kabupaten/kota, provinsi dan pemerintah pusat dengan menggunakan aplikasi berbagi pakai dalam rangka meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan pasal (2) peraturan pemerintah nomor 38 tentang inovasi daerah. Terpilihnya kabupaten labuhanbatu sebagai pilot project kementerian dalam negeri diharapkan dapat menjadikan kabupaten labuhanbatu lebih inovatif dalam tata kelola pemerintahan yang baik untuk meningkatkan efisiensi proses penyelenggaraan manajemen pemerintahan daerah sekaligus membangun keterbukaan informasi publik.

Dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0 yang menuntut perubahan dalam bidang sumber daya meliputi pengembangan kapasitas aparatur dan pengembangan infrstruktur. Penggunaan teknologi digital (online) dalam pelayanan pemerintah kepada masyarakat menjadi sebuah keniscayaan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi untuk memaksimalkan pelayanan publik untuk pembangunan yang  berkelanjutan menjadi keharusan yang tidak bisa ditawar.  Terintegrasikannya  sistem  e-government merupakan sarana untuk  memberikan  pelayanan  publik  yang lebih  cepat,  tepat,  dan lebih transparan,  menuju  masyarakat Labuhanbatu yang lebih sejahtera, lebih hebat dan berdaya saing. Peningkatan  pelayanan  publik  merupakan  bagian  dari komitmen  pemerintah Kabupaten  Labuhanbatu  untuk  mengimplementasikan  misi pemerintah Kabupaten labuhanbatu 2016-2021, yakni : “menyelenggarakan pemerintahan yang tanggap dan peduli untuk melayani masyarakat serta membantu aparat hukum dalam memberantas kkn, mencegah tindak kriminal dan menegakkan ham secara profesional, berdedikasi, bersih dan berwibawa”.

Dengan demikian reformasi birokrasi merupakan  urgensi  untuk  menciptakan  layanan  publik  yang prima. Salah satu upaya reformasi birokrasi dilakukan melalui optimalisasi penerapan aplikasi e-government. Untuk langkah awal percepatan pembaharuan tata kelola pemerintahan daerah, pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menyambut baik kesepakatan kerjasama fasilitasi, replikasi, dan penerapan inovasi daerah melalui pusat jejaring inovasi daerah (puja indah). Melalui replikasi inovasi ini saya menghimbau agar organisasi perangkat daerah mendorong inovasi bagi percepatan pembangunan daerah.

Melalui replikasi inovasi ini, diharapkan dapat menjadi motor penggerak inovasi di Kabupaten Labuhanbatu sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang inovatif, berbasis teknologi informasi sekaligus dapat mendorong peningkatan daya saing Kabupaten Labuhanbatu pada tataran global. Untuk mencapai tujuan dimaksud, pemerintah Kabupaten Labuhanbatu pada hari ini melaksanakan sosialisasi penerapan aplikasi pusat jejaring inovasi daerah (puja indah) secara khusus 5 (lima) item yaitu :

  1. Aplikasi e-aspirasi oleh pokja aspirasi masyarakat dan akuntabilitas kinerja dprd
  2. Aplikasi e-pintar oleh pokja pendidikan
  3. Aplikasi e-sehat oleh pokja kesehatan
  4. Aplikasi e-komoditi oleh pokja perdagangan
  5. Aplikasi e-minduk oleh pokja administrasi kependudukan dan pencatatan sipil

“Sosialisasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan sumber daya aparatur untuk meningkatkan kualitas penggunaan layanan aplikasi pusat jejaring inovasi daerah (puja indah), demi terciptanya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik, terjalinnya sinergitas dan terbangunnya suasana kompetitif antar organisasi perangkat daerah,” Kata Sekda Kabupaten Labuhanbatu.