Kegiatan

Plt. Bupati Buka Acara Sosialisasi dan Workshop Aplikasi E-APBD (Siandi) Kabupaten Labuhanbatu

Inovasi daerah dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, yaitu Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Inovasi Pelayanan Publik, dan/atau inovasi Daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Demikian antara lain dikatakan Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT, Selasa (18/9/2018) dalam arahannya saat membuka acara Sosialisasi dan Workshop (Siandi) Kabupaten Labuhanbatu yang berlangsung di Ruang data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu.

Menurut Andi Suhaimi, Inovasi Daerah berupa penerapan aplikasi E-APBD sistem informasi anggran daerah integrasi (Aplikasi Siandi) bertujuan untuk mencapai penetapan Perda APBD tepat waktu dan dapat dilaksanakan secara lebih tepat, lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah.

Katanya, Sosialisasi dan Workshop hari ini merupakan langkah awal dari suatu proses yang berkesinambungan demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik untuk membangun daerah di Kabupaten Labuhanbatu kedepannya.

Dalam kesempatan itu Andi Suhaimi mengharapkan pekerjaan-pekerjaan ASN jangan terjebak pada rutinitas yang monoton, harus berinovasi. Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu telah berkomitmen dan membangun pusat jejaring inivasi daerah (Puja Indah), oleh karena itu manfaatkan jaringan yang telah ada dan berbagi pakai sesuai regulasi Pasal 120 Ayat (1) Peraturan Pemerintah nomor 18 Tahun 2016.

“Kita bersama-sama akan meneruskan reformasi birokrasi untuk Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang bersih, profesional, kompeten dan bermartabat, karena saya percaya bahwa sebagian besar jajaran Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu adalah mereka yang jujur dan berintegritas tinggi, mereka yang tidak lelah mencintai Labuhanbatu dengan terus setia berbuat baik dengan membangun daerah kita menjadi lebih hebat dan berdaya, maju, adil makmur dan bermartabat,” kata Andi Suhaimi.

Soniyudi Bizahrin, ST selaku panitia pelaksana acara ini dalam laporannya menjelaskan, bahwa peserta yang mengikuti sosialisasi dan workshop ini terdiri dari Kepala OPD, Tim AD HOC Percepatan Pengembangan Aplikasi E-APBD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang seluruhnya berjumlah 120 orang dengan menghadirkan narasumber tenaga ahli dari Politeknik Negeri Medan.

Dijelaskannya, Sosialisasi dan Workshop ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 18 s/d 20 September 2018 bertempat di ruang data dan karya kantor Bupati Labuhanbatu dengan maksud agar pesertya dapat melaksanakan dan mempresentasikan aplikasi setiap OPD berbasis Web, lebih mudah dan dapat diakses. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyusun APBD tepat waktu sesuai dokumen perencanaan.

Pembukaan acara sosialisasi dan workshop tersebut turut dihadiri Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM, Kepala Balitbang Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, MM, Asisten Umum H Amru, SH dan seluruh kepala OPD.

sumber: https://www.labuhanbatukab.go.id/index.php/berita/347-plt-bupati-buka-acara-sosialisasi-dan-workshop-aplikasi-e-apbd-siandi-kabupaten-labuhanbatu