Tak Berkategori

Sosialisasi /Sinkronisasi Kelitbangan di Kabupaten Sijunjung

Dalam rangka menyamakan persepsi terkait program kerja kelitbangan yang responsif sesuai kebutuhan daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Labuhanbatu memenuhi undangan Bupati Sijunjung Provinsi Sumatera Barat perihal Undangan dengan menghadiri dan mengikuti Sosialisasi/Sinkronisasi Kelitbangan di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018 di Balai Pertemuan Bakaua Adat Nagari Sijunjung Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung pada tanggal 17-18 April 2018.

Sosialisasi/Sinkronisasi Kelitbangan di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018 dengan Tema: “Peran Kelitbangan Dalam Peningkatan Kinerja Pemerintah Daerah” menghadirkan narasumber antara lain:

  1. Herie Saksono,M.Si Peneliti Madya Bidang Bisnis dan Manajemen BPP Kemendagri Republik Indonesia dengan materi : “Peran Kelitbangan Dalam Peningkatan Kinerja Pemerintah Daerah”.
  2. Aat Surya Safaat Wartawan Senior LKBN ANTARA dengan materi: ”Komunikasi Efektif dan Dasar-Dasar Kehumasan”.
  3. Nizam Ul Muluk, Staf Ahli Bupati Sijunjung Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia sambutan sekaligus membuka secara resmi mewakili Bupati Sijunjung.
  4. Yulfira Media, M.Si Peneliti Madya/Koordinator Peneliti Balitbang Provinsi Sumatera Barat memberikan sambutan mewakili Kepala Balitbang Provinsi Sumatera Barat.

Sosialisasi/sinkronisasi diikuti dan sejumlah pimpinan OPD, Balitbang Provinsi Sumbar, Balitbang kabupaten/kota se Sumbar, Balitbang kabupaten/kota diluar Sumatera Barat, BUMN, BUMD, Forkopimca, Walinagari Sijunjung dan LSM.

Dari kegiatan Sosialisasi/sinkronisasi ini dapat disimpulkan antara lain :

  1. Badan Penelitian dan Pengembangan dan lembaga kelitbangan lainnya di daerah harus mampu beperan sebagai Katalisator Pemerintah Daerah.
  2. Hasil penelitian yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) seharusnya menjadi acuan dalam penyusunan program pembangunan daerah. Sayangnya, hasil penelitian itu belum sepenuhnya ditindaklanjuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
  3. Untuk menghasilkan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah yang berkualitas, pemerintah daerah harus mengedepankan hasil penelitian dalam suatu perencanaan(Penelitian dulu baru perencanaan).
  4. Balitbang harus mampu merangkul/mengkoordinasikan semua stake holder termasuk pers/media, karena sebaik apapun inovasi/penelitian tanpa publikasi yang baik melalui media/pers maka tidak akan ada umpan balik dari masyarakat/kurang berdaya guna.
  5. Untuk keberhasilan kelitbangan dibutuhkan kemampuan kehumasan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.